Minggu, 22 Mei 2011

Inflasi

Pengertian Inflasi
Inflasi adalah suatu keadaan di mana harga barang-barang secara umum mengalami kenaikan dan berlangsung dalam waktu yang lama terus-menerus. Harga barang yang ada mengalami kenaikan nilai dari waktu-waktu sebelumnya dan berlaku di mana-mana dan dalam rentang waktu yang cukup lama.
Tujuan penyusunan inflasi
Untuk memperoleh indikator yang menggambarkan kecenderungan umum tentang perkembangan harga. Tujuan tersebut penting dicapai karena indikator tersebut dapat dipakai sebagai informasi dasar untuk pengambilan keputusan baik tingkat ekonomi mikro atau makro, baik fiskal maupun moneter. Pada tingkat mikro, rumah tangga/masyarakat misalnya, dapat memanfaatkan angka inflasi untuk dasar penyesuaian nilai pengeluaran kebutuhan sehari-hari dengan pendapatan mereka yang relatif tetap.
Pada tingkat koorporasi angka inflasi dapat dipakai untuk perencanaan pembelanjaan dan kontrak bisnis. Dalam lingkup yang lebih luas (makro) angka inflasi menggambarkan kondisi/stabilitas moneter dan perekonomian. Secara spesifik kegunaan angka inflasi antara lain untuk:
a. Indeksasi upah dan tunjangan gaji pegawai (wage-in-dexation)
b. Penyesuaian nilai kontrak (contractual payment)
c. Eskalasi nilai proyek (project escalation)
d. Penentuan target inflasi (inflation targeting)
e. Indeksasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (budget indexation)
f. Sebagai pembagi PDB, PDRB (GDP deflator)
g. Sebagai proksi perubahan biaya hidup (proxy of cost of living)
h. Indikator dini tingkat bunga, valas, dan indeks harga saham

 Dampak Sosial Dari Inflasi
Inflasi dapat menyebabkan gangguan pada stabilitas ekonomi di mana para pelaku ekonomi enggan untuk melakukan spekulasi dalam perekonomian. Di samping itu inflasi juga bisa memperburuk tingkat kesejahteraan masyarakat akibat menurunnya daya beli masyarakat secara umum akibat harga-harga yang naik. Selain itu distribusi pendapatan pun semakin buruk akibat tidak semua orang dapat menyesuaikan diri dengan inflasi yang terjadi.
Sumber : http://asahankab.bps.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=18&Itemid=86

Tidak ada komentar:

Posting Komentar